Cara Membuat Tugas Akhir



BAB  I
PENDAHULUAN

1.1               Latar Belakang Kegiatan
            Pada saat ini kebutuhan sistem informasi telah berkembang dengan sangat pesat dan tingkat persaingan bisnis juga semakin ketat. Oleh karena itu setiap organisasi dituntut untuk melakukan kegiatan operasionalnya secara efektif dan efesien supaya dapat mempertahankan eksistensinya. Organisasi yang memiliki kebutuhan akan data dan informasi, sudah seharusnya mempersiapkan sistem pengolahan data yang baik, agar dapat mencapai tujuan yang sesuai dengan yang direncanakan.
PT. Alfa Scorpii salah satu perusahaan yang mengembangkan  usahanya  pada pelayanan  jasa  perbaikan  atau usaha bengkel  yang  merupakan sebuah  bengkel  yang  memberikan jasa  service,  menjual  suku  cadang, serta penggantian oli sepeda motor.
Dalam menangani penjualan spare part dan penerimaan service, PT. Alfa Scorpii masih menggunakan cara yang konvensional dengan melakukan pencatatan. Dan banyaknya jumlah barang yang dijual serta tingkat keramaian pembeli dapat mengakibatkan penjual mengalami kesulitan untuk mengelola dan menghitung transaksi penjualan secara cepat, tepat, dan efisien. Hal  itu  juga berpengaruh  dalam pembuatan laporan-laporan yang dibuat membutuhkan waktu yang lebih lama karena bukti  transaksi satu persatu harus dikumpulkan, dicatat dan dihitung untuk menghasilkan laporan penjualan yang berfungsi untuk pengambilan keputusan pada PT. Alfa Scorpii. Oleh  karena  itu dibutuhkan  suatu  sistem  informasi yang  dapat  mengatasi  masalah tersebut,  dimana  sistem  tersebut dapat  memperkecil  tingkat kesalahan  dalam  pemasukan  data dan  mempercepat  proses pembuatan laporan sehingga  tidak  menjadi  hambatan dalam  pelayanan  jasa  servis  dan penjualan suku cadang nya.

Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan di atas untuk dapat membantu kelancaran operasi kerja pada PT. Alfa Scorpii Motor, maka penulis memilih judul “SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SERVICE DAN PENJUALAN SPARE PART MOTOR PADA PT.  ALFA SCORPII KOTA BINJAI”.

1.2       Identifikasi Masalah
  Dengan memperhatikan uraian pada latar belakang diatas, maka penulis dapat mengidentifikasikan masalah-masalah dalam penelitian ini yaitu:
1.      Bagaimana bentuk sistem yang sedang berjalan dan kelemahan yang ada pada PT. Alfa Secorpii khususnya yang mengenai penerimaan Service dan Spare Part Motor ?
2.      Bagaimana merancang sistem informasi penerimaan service dan penjualan spare part motor dengen cepat tanpa memerlukan waktu yang cukup lama ?
1.3       Batasan Masalah
       Dalam menyelesaikan masalah, perlu dibuat suatu batasan masalahnya, agar tidak menyimpang dari pokok permasalahan oleh karena itu batasan masalahnya adalah sebagai berikut:
1.      Sistem informasi ini hanya digunakan untuk  penerimaan service dan spare part motor.
2.      Bahasa pemrograman yang digunakan adalah APS.Net dan Database yang digunakan adalah SQL Server.

1.4       Rumusan Masalah
            Rumusan masalah dalam melakukan riset atau meneliti adalah bagaimana cara untuk merancang sebuah informasi dapat digunakan oleh perusahaan PT. Alfa Scorpii kota Binjai, yaitu:
1.      Bagaimana cara membuat program berbasis web dengan mengguanakan ASP. NET.
2.      Bagaimana merancang sistem informasi penerimaan service dan penjualan spare part motor ?
1.5        Tujuan
            Tujuan dari sistem informasi penerimaan service dan penjualan spare part motor pada PT. Alfa Scorpii kota Binjai ini adalah:
1.      Merancang sebuah sistem informasi yang tujuannya untuk membuat penyajian informasi yang berhubungan dengan target penerimaan service dan target penjualan spare part motor.
2.      Memudahkan bagian service dan penjualan dalam melakukan promosi produk sehingga dapat disajikan secara efektif dan efesien.

1.6       Manfaat
            Manfaat dalam sistem informasi penerimaan service dan penjualan spare part motor pada PT. Alfa Scorpii kota Binjai ini adalah:
1.      Meningkatkan penerimaan service dan penjualan spare part motor.
2.      Mendapatkan informasi tentang penerimaan service dan penjualan spare part motor scorpii dengan mudah.
3.      Sebagai bahan masukan untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi yang membutuhkan.
1.7       Metode Pengumpulan Data
           Beberapa metode penelitian yang dilakukan guna mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dalam sistem informasi penerimaan service dan penjualan spare part motor pada PT. Alfa Scorpii kota Binjai ini adalah:
1.      Pengamatan (Observation)
Mengadakan pengamatan secara langsung terhadap hal-hal yang berhubungan dengan penerimaan service dan penjualan spare part motor pada PT. Alfa Scorpii kota Binjai.
2.      Wawancara (Interview)
Melakukan tanya jawab tentang sistem yang digunakan dalam melakukan service dan penjualan spare part motor langsung pada responden atau sumber yang ada, sehingga penulis dapat megumpulkan data-data yang diperlukan.
3.      Dokumen
selain kedua cara diatas, penulis juga menggunakan buku sebagai pendukung keabsahan dan keakuratan data yang diperoleh dari dokumen yang ada diperusahaan PT. Alfa Scorpii kota Binjai.




1.8         Sistematika Penulisan
            Dalam penyusunan Tugas Akhir ini diperlukan langkah-langkah yang sistematis untuk memudahkan dalam perencanaan penulisannya. Secara umum, penulisan tugas akhir ini terdiri dari lima bab, yaitu :
BAB I     :   PENDAHULUAN
Bab ini membahas tentang latar belakang, ruang lingkup, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penyusunan tugas akhir, metodologi pengumpulan data serta sistematika penulisan.
BAB II    :   LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan tentang pengertian sistem informasi, Web, APS.Net, SQL Server dan pengertian lainnya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan Sistem informasi penerimaan service dan penjualan spare part motor .
BAB III   :   GAMBARAN UMUM PT. ALFA SCORPII KOTA BINJAI
Bab ini berisikan tentang sejarah berdirinya perusahaan dan struktur organisasi dalam  PT Alfa Scorpii kota Binjai.
BAB IV    :   PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini menguraikan bagaimana paparan dan bagaimana usaha-usaha yang mungkin dilakukan untuk membahas dan mencari solusi dari kelemahan-kelemahan yang ditemukan selama diadakan Riset Tugas Akhir.

BAB  V     :   KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini membuat kesimpulan dan saran tentang masalah yang dihadapi ataupun kelemahannya dan Menyajikan pengalaman dari penulis setelah meneliti atau Riset.

1.8.      Rencana Kegiatan
Dalam penyelesaian penulisan Tugas Akhir penulis membuat suatu rencana kegiatan yang dapat dilihat pada tabel I.1.

Link KELANJUTAN BAB 1.
BAB II
BAB III
BAB IV
BAB V
 http://adf.ly/1dg1mE

TERIMA KASIH TELAH MENGUJUNGI BLOG INI SEMOGA BERMANFAAT. 
WASSALAM.




0 Response to "Cara Membuat Tugas Akhir"

Post a Comment